Perhatian

Blog ini pindah ke www.tulisanardo.com, untuk melihat postingan terbaru klik www.tulisanardo.com.

Senin, 06 Juni 2011

Cara Belajar di Perguruan Tinggi (bagian 1)


Dalam postingan ini marilah kita bicarakan segala sesuatu yang perlu diperhatikan bila mengikuti kuliah. Saya akan mencoba memberikan beberapa petunjuk yang barang kali berguna serta dapat membatu Anda. Apalagi bila anda mengikuti kuliah di universitas atau akademik, anda seyogiannyalah membiasakan diri dengan suatu cara baru dalam mengikuti pendidikan. Anda harus mencari sendiri bagaimana caranya untuk menyerap apa yang dikuliahkan oleh para dosen. Persoalannya, agar anda tahu dan mengingatnya pada waktu tentamen. Bila anda telah dapat membiasakan diri dengan cara belajar yang efektif, berarti anda akan menghemat waktu belajar.
Marilah kita bicarakan beberapa persoalan beriku:
1. Bagaimana anda mengikuti kuliah;
2. Bagaimana anda membuat catatan;
3. Bagaimana menyusun pertanyaan;
4. Asistensi.


A. BAGAIMANA CARA MENGIKUTI KULIAH
Mengikuti suatu perkuliahan hanya akan berhasil bila anda berminat sungguh-sungguh ingin belajar sesuatu. Bila tidak demikan halnya, lebih baik anda berada di rumah saja. Segala sesuatu yang akan saya bicarakan mengenai cara mengikuti kuliah adalah semata-mata hanya petunjuk belaka. Anda sendirilah yang menentukan apa dan bagaimana melakukannya. Semoga petunjuk ini berguna untuk menghindari segala kekecewaan yang mungkin akan menimpa anda nanti. Banyak mahasiswa yang terlambat mengetahui bahwa cara kerjanya adalah keliru. Dengan membaca buku ini, saya harap anda akan memaksa diri untuk segera meulai bekerja dengan cara yang benar-benar telah dipikir dengan baik-baik sebelumnya.
Usahakan aga anda harid pada waktu kuliah dimulai. Bila anda datang terlambat, selain mengganggu dosen, anda pun tidak mengikuti pendahuluan yang ia terangkan. Padahal dalam bagian pendahuluan, kecuali dosen mencoba menguraikan hubungannya dengan kuliah yang lalu, juga menjelaskan nya lebih lanjut. Ada beberapa saat yang anda perlukan sebelum mengetahui tentan masalah yang dikuliahkan. Cobalah anda duduk pada tempat yang terbaik dalam ruangan kuliah. Usahakan agar anda dapat melihat dengan jelas apa yang terlulis di papan tulis. Apalagi sangatlah penting untuk dapat mendengarkan apa yang dikatakan oleh dosen. Bila anda duduk di tempat, dimana anda tidak dapat mendengar, maka anda akan mudah tergoda untuk berbicara dengan orang-orang di sekita anda. Akibatnya adalah anda sama sekali tidak dapat mengikuti perkuliakan dari dosen tersebut. Anda duduk di tempa yang baik. Suatu keuntungan lain adalah bahwa anda dapat mendengar dengan jelas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Bilamana anda memperkatikan setiap pertanyaan rekan mahasiswa lain serta mendengarkan bagaimana pertanyaan dijawab, maka ini berarti anda sudah turut juga belajar.

sumber: buku CARA BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar