Perhatian

Blog ini pindah ke www.tulisanardo.com, untuk melihat postingan terbaru klik www.tulisanardo.com.

Rabu, 18 Agustus 2010

Rekayasa Perangkat Lunak - Software Engineering

Pada kuliah ini sebenernya diriQ malas masuk, soalnya baru selesai liburan SP. Jadi bawaanya masih malas bagun, apa lagi mata kuliah ini masuk pagi jam 07.00 wib. Wah...malas baget bangunnya. Tapi terpaksa juga harus kuliah.
Ok lah materi pada kuliah ini masih perkenalan sih, soalnya baru hari pertama. Materinya.....

mengenai Software Engeneering. Kita harus tau dulu apa yang dimaksut software, dalam bahasa Indonesia software adalah perangkat lunak. Kemudian pengertianya yang saya dengar di kelas adalah produk-produk yang dirancang dan dibangun oleh Software Engeneering, dan komponenya menyangkut Program, Data, dan Dokumen. Pengertian yang saya dapatkan dari om google adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.
Software ini tidak sama dengan hardware yang dapat kita liahat dan kita sentuh, berbeda dengan software yang tidak dapat kita lihat dan kita sentuh tetapi kita bisa mengoprasikannya dengan bantuan komputer.

Kemudian dosen bertanya kepada kami, pertanyaannya adalah "Mengapa kita membutuhkan Software Engeneering?", sekian lama dosen menunggu jawaban dari siswa nya tetapi tak ada yang menjawab benar. Karena jawaban kami tidak ada yang memuaskan maka dosen menjawab, kita membutuhkan software engeneering karena software memiliki konsentrasi yang berbeda dengan produk lain, software harus cerdas.

Nah kita sudah tau apa pengertian dari software, sekarang software engenering apa pengertiannya?
Pengertiannya dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

  1. Dapat diangkakan, disiplin, systematic kepada development oprasi, dan maintence of software. Software Engeneering ini sama dengan Rekayasa Perangkat Lunak (dalam bahasa Indonesia)
  2. Lebih utama pada proses pembuatan siftwarenya(perancangan), dan disiplin
  3. Definisi menurut pencarian
  4. Siftware Engeneering adalah tepat waktu dan tanpa kesalahan, memenuhi kebutuhan user, free software, disiplin Proses pengembangan pemecahan problem yang dihadapi custemer dengan pengembangan dan evolusi
Perangkat Lunak itu sesuatu yang besar dan berkualitas tinggi.

Program yang baik harus program yang sesuai dengan speknya dan program yang dapat memenuhi permintaan atau kebutuhan user.

Ini lah materi yang saya rangkum pada pertemuan pertama kuliah saya pada mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak, jika terjadi kesalahan pada ringkasan saya mohon maaf dan saya minta kritik dan sarannya dengan meninggalkan pesan pada blog ini. Semoga ini berguna bagi teman-teman, selamat belajar.

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar